Lo??? Koq Nggak Sembuh ya? Padahal udah minum obat sampe abis..-.-“

Pasti kita sering denger dari orang, “Saya sudah minum obat sampe abiz, tapi koq belum juga sembuh ya??” “Aduh Jeng! Malah tambah parah lo sakitnya…”,celetuk yang satu orang lagi.
WHAT’S WRONG????
Apa salah minum obat? Salah resep obat? Obatnya kadaluarsa??
Jawabannya.. memang bisa jadi karena aturan minum obat (berapa tablet sekali minum dalam sehari, sesudah ato sebelum makan), salah resep obat (obatna nddak sesuai dengan diagnosisnya, ato bisa juga karena Alergi alergi obat yg diberikan), dan obar yang lewat jatuh tempo kelayakan pemakaiannya (kadaluarsa maksunya..-.-“)
Nah,,, disini yang kita bahas adalah,, saat kita minum obat, apa Kita makan sesuatu? Ingat-ingatlah… Sebelum ato saat ato sesudah minum obat, memakan makanan tertentu malah bikin kerja obatnya jadi aneh.. ada yang bisa tambah lambat, tambah cepet, bahkan bisa jadi racun buat kita.
So, apa yang harus kita lakukan??
Langkah awal yang harus Kita lakukan saat menerima resep atau membeli obat adalah bertanya dengan dokter atau apoteker, apakah obat tersebut memiliki efek jelek kalau dikonsumsi berbarengan dengan jenis makanan atau minuman tertentu. Katanya Para ahli mengingatkan, beberapa jenis makanan atau minuman tertentu bisa mengurangi khasiat pada obat bahkan dapat mengakibatkan reaksi racun. Ini berarti, Kita harus menjaga waktu makan dan berpantang mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut pada saat Kita memakan obat. Apalagi sekarang ini banyak obat yang dengan mudah bisa kita beli di pasaran bebas tanpa resep dokter.
So, penting banget untuk kudu tau jenis obat apa yang akan dikonsumsi dan pantangan apa yang harus dihindari. Dan, jangan lupa, baca pula komposisi yang tertera pada kemasan.
And, nih beberapa contoh kandungan obat yang dapat bereaksi jelek dengan makanan sekaligus fungsinya:
Antihistamin (Anti alergi)
Pertama kali ditemukan pada tahun 1933. Banyak yang menyebutnya dengan obat ‘ajaib’ karena berfungsi untuk menghilangkan berbagai gejala pilek, anti flu dan alergi atau yang menyerupai alergi. Obat ini biasanya juga digunakan secara khusus sebagai penenang.
Saran: Obat ini berbahaya jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Hindari makanan atau minuman yang mengandung alkohol untuk mencegah reaksi lamban atau mual.
Diuretik
Obat jenis ini biasanya untuk membantu mengeluarkan air dari dalam tubuh, tetapi Kita dapat kehilangan kandungan mineral yang terdapat di dalam tubuh. Seperti, kalium, kalsium dan magnesium.
Saran: Jika Kita sedang mengkonsumsi obat ini, disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral dalam jumlah yang cukup.
Bronchodilator
Obat ini digunakan untuk mengurangi gejala asma bronkial.
Saran: Jangan meminum obat ini dengan minuman yang mengandung kafein atau teh, karena akan menimbulkan reaksi terhadap kerja syaraf berupa timbulnya perasaan resah dan gelisah serta kurang tidur.
Laxative (Obat pencahar)
Obat ini biasanya digunakan bagi mereka yang tidak biasa buang air besar setiap hari atau istilah populernya obat urus-urus. Penggunaan yang terlalu sering akan mempengaruhi berat badan tubuh dan dapat menimbulkan gangguan elekrolit di dalam tubuh.
Saran: Mengkonsumsi obat ini menyebabkan nutrisi dan mineral dalam tubuh akan berkurang. Tapi, jangan kuatir karena masih bisa diganti oleh makanan yang mengandung nutrisi dan mineral dalam jumlah cukup.
Tetracycline
Merupakan salah satu jenis obat antibiotik
Saran: Jangan minum susu maupun produk susu lainnya, kalsium yang terdapat di dalam produk susu tidak larut di dalam air, hal ini akan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap obat tersebut
Berelaan… klo bahasanya jadi serius,, soale klo di edit banyak, malah ilang khasiat bacaannya…lo??

Sumber: chem-is-try

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s